Web Development: 10 Ekstensi Chrome Untuk Web Developer

Browser internet kini semakin canggih dan masing-masing bersaing menawarkan kelebihannya. Dengan terus berkembangnya Web Store, ekstensi atau plug-in yang awalnya hanya menunjang aktifitas browsing saja kini berkembang menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan sebuah website.

Google Chrome

Salah satu browser yang terkenal adalah Chrome. Belakangan ini, browser yang dikembangkan oleh Google ini semakin populer, dan terkenal dengan fitur-fitur penunjang web development. Koleksi ekstensi gratis yang disediakan mungkin menjadi salah satu daya tariknya. Jika Anda sedang mengembangkan sebuah website, Chrome mungkin bisa menjadi teman yang bisa membantu Anda.

Berikut adalah 10 ekstensi Chrome yang bisa Anda gunakan dalam membangun website:

1. SEO for Chrome

SEO for Chrome

Dengan adanya algoritma Google; Penguin dan Panda, sangat penting untuk membangun website dengan SEO. Salah satu ekstensi Chrome yang siap mempermudah analisa statistik ini adalah SEO for Chrome.

Ekstensi ini membantu para website developer untuk analisa kompetitor, riset keyword, cek link profile dll. Anda juga bisa mengakses statistik social media, indexed page, search stats, dan versi cache dari sebuah website.

2. Speed Tracer

Setiap web developer yang baik harus memahami istilah “waktu adalah uang”, oleh karena itu Speed Tracer berada dalam daftar 10 ekstensi Chrome ini. Speed Tracer mampu membantu Anda untuk identifikasi masalah perfomance dengan memberikan data waktu yang lengkap.

3. Resolution Test

Resolution test

Saat membuat website, seberapa pun ukuran resolusi monitor berubah, tampilan harus tetap benar. Resolution Test berfungsi mengubah ukuran window browser secara otomatis sehingga Anda bisa melihat preview website. Anda bisa melakukan tes berdasarkan daftar ukuran yang tersedia, disesuaikan dengan ukuran yang paling sering digunakan sesuai kebutuhan Anda.

4. Pendule

Chrome Pendule

Salah satu ekstensi Chrome yang paling komprehensif adalah Pendule. Dengan fitur yang ada Anda bisa melihat semua CSS, mematikan semua style, mengubah semua elemen ke dalam format teks dsb. Untuk lebih jelasnya, Anda harus mencobanya sendiri.

5. BuiltWith

BuiltWith

Apakah ada website yang paling Anda suka dan ingin tahu bagaimana membuatnya? Dengan BuiltWith Technology Anda bisa melakukannya. Hanya perlu beberapa klik saja, Anda akan menemukan teknologi dibalik suatu website. Tujuan dari ekstensi ini sendiri adalah membantu Anda menemukan dan menentukan teknologi mana yang bisa di implemantasikan ke pekerjaan Anda.

Ekstensi ini akan memberi tahu bagaimana website dibuat, dikembangkan, widget apa yang digunakan, termasuk juga analytics, publishing, advertising, bahkan juga hosting. Dengan informasi tersebut diharapkan bisa membantu Anda sebagai developer menjadi lebih baik dan bisa membangun website impian Anda.

6. Page Speed Insights

PageSpeed-Insights

Salah satu masalah yang dihadapi para web developer adalah lambatnya loading suatu website. Jika Anda mencari aplikasi untuk melakukan tes performa website secara akurat dan mendapat saran untuk membuatnya lebih cepat, Page Speed Insight mungkin bisa membantu Anda.

Selain di Chrome, ada juga di Firefox. Ekstensi ini melakukan evaluasi loading time, dan membantu mempercepatnya. Dengan ekstensi ini Anda bisa menghemat waktu dalam proses web development.

7. Chrome Sniffer

Chrome-Sniffer

Dengan Chrome Sniffer, Anda bisa melakukan deteksi aplikasi website dan javascript yang sedang bekerja pada website yang sedang Anda cari. Ekstensi ini membantu para developer melakukan inspeksi terhadap web framework atau CMS dengan mudah dan cepat. Saat ini, Chrome Sniffer sudah mampu mendeteksi lebih dari 100 CMS.

8. WhatFont

Whatfont Chrome

Banyak para web designer dan developer ditunjukan sebuah website oleh klien mereka lalu klien berkata “Saya mau yang seperti itu!” Namun, bagaimana Anda bisa dengan mudah dan cepat mendeteksi font yang digunakan oleh website tersebut?

Nah, WhatFont bisa menjawab masalah itu. Aktifkan ekstensi, dan dekatkan cursor Anda ke hurufnya. Sangat mudah untuk mengetahui nama font, dan sumber dari font itu. Ekstensi Chrome ini sangat cocok digunakan oleh web designer dan web developer.

9. Evernote Web Clipper

Evernote web clipper

Evernote merupakan salah satu aplikasi marketing yang terkenal, dan bisa digunakan dalam Chrome. Evernote Web Clipper melakukan sinkronisasi dengan akun Anda, sehingga Anda bisa menyimpan semuanya yang terlihat dalam website.

Salah satu cara terbaik untuk menyimpan semua inspirasi yang Anda temukan saat online dan menyimpannya. Ekstensi ini membantu Anda menyimpan teks, links, image dsb hanya dengan sekali klik.

10. Web Developer

chrome web developer

Ekstensi Chrome yang terakhir adalah Chrome Web Developer, sebuah toolbar button dengan segenap fungsi yang dibutuhkan para web developer. Ekstensi ini juga bisa ditemukan pada Firefox.

Itulah 10 ekstensi pada Google Chrome yang bisa Anda gunakan dalam pekerjaan Anda sebagai web developer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk proses web design dan web development yang Anda kerjakan.

Ingin mengatakan sesuatu?