Tutorial: Cara Menggunakan Google Keyword Tool

Pada postingan saya sebelumnya yang berjudul 7 Cara Mencari Keyword untuk SEO, saya membahas tentang bagaimana cara mendapatkan kata-kata atau frase yang akan digunakan sebagai keyword nantinya. Setelah Anda mendapatkan daftar “calon keyword” tersebut, langkah selanjutnya adalah memfilter atau menyaring keyword mana yang paling bagus dan relevan dengan produk/jasa yang Anda tawarkan melalui website Anda.

Rasanya tidak mungkin Anda menggunakan semua keyword yang Anda dapatkan tersebut. Dengan bantuan tool yang disediakan Google Adwords, yaitu Google keyword tool, kita bisa melakukan pemilihan keyword mana yang paling berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah caranya:

1. Buka Google Keyword Tool

Google keywords tool - Pixaal

2. Isi kata atau frase yang sudah Anda kumpulkan sebelumnya pada kolom “Word or phrase“.
3. Gunakan “Advanced option” untuk:

  • Set lokasi ke negara target Anda (misalnya Indonesia), dan
  • Pilih bahasa market Anda (Bahasa Indonesia)

4. Ubah pilihan keyword menjadi [Exact]. Dengan memilih Exact, maka hasil local monthly search yang muncul akan menunjukan jumlah pencarian keyword yang sama persis (exact) seperti yang Anda masukan. Contohnya, “tv satelit” dan “satelit tv”, jika Anda memilih “tv satelit”, maka hasil yang keluar adalah hanya volume pencarian “tv satelit”. Jika Anda memilih Broad, maka hasil yang keluar adalah gabungan dari keduanya. Anda bisa melakukan eksperimen sendiri dan membedakan hasil yang didapat antara Broad, Exact, dan Phrase.

5. Setelah klik “Search”, cek pada bagian Local Monthly Searches. Seberapa banyak orang di negara target Anda mencari keyword-keyword tersebut.

6. Tandai (centang) keyword yang menurut Anda bagus, lalu donwload ke CSV for Excel sebagai bahan analisa nantinya.

Catatan:

  • Lihat bagian bawah, keyword tool tersebut biasanya akan memberikan beberapa keywords (sekitar 100) dengan berbagai kombinasinya yang mungkin tidak pernah terpikir oleh Anda – beberapa diantaranya mungkin akan berguna bagi Anda.
  • Beberapa keyword tunggal kata dianggap terlalu umum. Misalnya keyword “laptop”, pada hasil pencarian keluar juga Wikipedia, dan didominasi oleh website luar negeri (Amazon.com, Pcworld.co.ud, Bestbuy.com dll). Keyword “jual laptop online” mungkin akan lebih mendekati target Anda.
  • Untuk mendapatkan data yang lebih lengkap, Anda bisa Sign in dengan akun Anda.

Demikianlah tutorial secara garis besar cara menggunakan Google Keyword Tool. Untuk para pengusaha e-commerce dan praktisi SEO, keyword tool ini akan sangat berguna untuk menentukan keyword mana yang paling bagus dan sesuai untuk website mereka. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

*Jika Anda hendak mempublikasi ulang artikel ini, mohon cantumkan sumbernya.

Ingin mengatakan sesuatu?