SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu teknik yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat suatu website pada hasil pencarian suatu mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex dsb), sehingga website Anda lebih mudah ditemukan oleh orang yang sedang mencari suatu produk atau jasa dengan keyword (kata kunci) tertentu.

seo

SEO merupakan bagian dari Search Engine Marketing (SEM). SEM adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan strategi pemasaran yang berhubungan dengan pencarian baik yang berbayar maupun tidak berbayar (organik). Pada channel berbayar (paid search), Anda harus membayar (build campaign) agar website Anda muncul ketika seseorang mencari kata kunci atau frase tertentu. Hasil pencarian (SERP) baik organik dan berbayar muncul bersamaan, tetapi ditampilkan di lokasi yang berbeda pada halaman.

Apakah perlu website kita terdaftar (terindex) di search engine? Di Google saja, ada lebih dari *694.000 pencarian yang dilakukan setiap detik (*sumber Hubspot). Bayangkan jika satu detik saja website Anda tidak terindeks di Google, maka Anda berpotensi kehilangan ratusan, bahkan ribuan kesempatan bagi seseorang mengunjungi website Anda, membaca konten Anda, dan potensi membeli produk atau layanan Anda. Berlatih dasar-dasar SEO, dan juga teknik pengembangannya dapat meningkatkan peringkat website Anda pada hasil pencarian sehingga mudah ditemukan oleh konsumen yang potensial – get found.

Bagaimana dengan pencarian berbayar (paid search)? Anda harus membayar agar website Anda bisa tampil di hasil pencarian suatu search engine, misalnya Google Adwords. Menjalankan kampanye pencarian berbayar bisa jadi sangat mahal jika Anda tidak tahu apa yang sedang lakukan (strategi yang benar). Belum lagi, sekitar *88% pengguna search engine tidak pernah mengklik iklan berbayar dalam hasil pencarian, mereka lebih tertarik pada hasil pencarian organik (*sumber Hubspot). Oleh karena itu, penerapan SEO sangat diperlukan.

Karena tujuan utama mesin pencari adalah untuk menyediakan informasi yang relevan dan berguna untuk kepentingan semua pihak (mesin pencari, pencari, dan Anda), maka buatlah konten yang unik dan menarik baik di mata search engine maupun manusia. Pastikan bahwa website Anda tercantum dalam daftar pencarian organik (non-paid search) dengan penerapan teknik SEO yang benar. Selain itu, alangkah baiknya Anda menjauh dari pencarian berbayar sebelum Anda benar-benar tahu apa yang Anda lalukan. Tingkatkan pemahaman yang kuat tentang SEO dan melakukan apa yang diperlukan untuk peringkat pencarian organik dengan selalu mengikuti perkembangan seputar topik ini.

Secara garis besar proses optimasi pada website (SEO) dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  1. Keyword Research
  2. On-Page Optimization
  3. Off-Page Optimization
  4. Analyze and Correct
  5. Repeat

Penjelasan detil mengenai rangkaian proses optimasi akan dibahas pada halaman yang berbeda. Semoga informasi di atas bisa memberikan sesuatu yang berarti bagi Anda yang ingin meningkatkan trafik website melalui teknik SEO (Search Engine Optimization) sebagai salah satu channel dari Inbound Marketing.

Ingin mengatakan sesuatu?