SEO dan Ecommerce

Dalam berbisnis e-commerce, SEO sudah tentu menjadi salah satu media marketing yang harus dijalankan. Anda tentu tidak ingin hanya berfokus pada media berbayar seperti Adwords dan FB Ads jika ada media gratis yang tersedia. Bahkan, jika Anda menjalankannya dengan benar dan memenuhi syarat dasar teknik SEO, traffic yang datang ke website Anda akan didominasi dari SEO ini. Apa saja yang perlu dilakukan untuk optimisasi website e-commerce Anda? Saya akan berbagi poin apa saja yang harus mendapat perhatian khusus, khususnya untuk website e-commerce.

seo dan ecommerce

1. Judul website

Kasus yang paling terjadi adalah pemilik e-commerce tidak memasukkan keyword yang mereka bidik ke judul website karena hanya fokus pada brand mereka sendiri. Untuk judul website ini, gunakanlah keyword paling general yang paling mewakili semua produk Anda. Tambahkan value untuk customer dalam judul tersebut, dan jangan lupa cantumkan brand atau nama toko online Anda. Agar terlihat lebih menarik dan rapi Anda bisa menggunakan tanda “|” atau “-“ sebagai pemisah antar bagian tersebut. Judul sebaiknya tidak lebih dari 60 karakter.

Contoh: Paket Wisata Indonesia | Termurah dan Cepat | PAKWIS.com

*Hal ini juga berlaku untuk halaman kategori dan halaman produk.

2. Deskripsi

Pelengkap kekuatan judul website adalah meta deskripsi. Cobalah untuk memasukkan kembali keyword yang Anda gunakan ke dalam meta deskripsi ini, namun cukup 1x saja. Buatlah deskripsi singkat, padat, dan jelas yang menjelaskan judul website Anda. Meta deskripsi ini akan muncul pada snippet Google, yang akan mempengaruhi user untuk meng-klik website Anda.

Contoh: Pilihan terbaik paket wisata murah di Indonesia secara lengkap, mudah, dan cepat hanya di PAKWIS.com.

*Deskripsi sebaiknya tidak lebih dari 160 karakter.

3. Artikel SEO

Sering kali terlupa untuk menempatkan blok statik yang berisi teks unik ke setiap halaman website Anda, baik home, kategori, maupun produk. Masing-masing teks itu bertugas menjelaskan isi setiap kategori dan produk yang ada. Namun, sebagian berpendapat teks mengganggu keindahan suatu halaman. Itu kembali lagi ke Anda dan apa tujuan Anda membuat websit e-commerce. Apakah untuk memperlihatkan keindahan website, atau agar mudah ditemukan sehingga produk Anda terjual?

4. Internal linking

Buatlah link internal antar halaman jika memang diperlukan (jangan over). Misal dalam salah satu artikel halaman kategori menyebutkan topik kategori lain, berilah link ke halaman tersebut. Meskipun jika ada dua link dalam 1 halaman yang di-crawl hanya link yang pertama (yang selanjutnya di-ignore), namun tidak ada salahnya Anda buat untuk membantu navigasi user Anda.

5. External Linking

Batasi link keluar ke website lain. Hidari juga untuk melakukan barter link.

Poin-poin yang lain akan saya uraikan pada artikel berikutnya…

Ingin mengatakan sesuatu?