On-page atau Off-page, mana yang lebih penting?

Sering muncul pertanyaan, dalam melakukan SEO, manakah yang lebih penting on-page atau off-page?

Untuk tujuan membentuk identitas dari suatu website atau suatu halaman website maka dilakukan optimisasi on-page. Sedangkan untuk meraih popularity dan authority dilakukanlah optimisasi off-page. Jadi, antara on-page dan off-page tidak memegang fungsi yang lebih penting satu sama lain. Keduanya harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Intinya adalah mempermudah search engine mengenali website kita dan percaya dengan apa yang ada pada website kita.

SEO: On page + Off page = High Ranking

1. On-page untuk membangun identitas

Untuk membantu kinerja search engine dalam mengenali isi suatu website maka diperlukan beberapa penyesuaian dalam website itu sendiri, diantaranya adalah title dan meta description. Ini adalah langkah awal untuk membangun suatu identitas. Pemberian judul yang tepat akan memberikan efek positif dalam SEO. Ibarat sebuah buku, untuk mengenali suatu buku, maka diperlukan judul buku dan beberapa penjelasan singkat yang mewakili isi buku itu. Semakin tepat, jelas dan menarik judul suatu buku, idealnya akan menarik pembaca lebih banyak dan mempermudah pengkategoriannya saat ditempatkan di toko buku atau perpustakaan sehingga lebih mudah ditemukan.

2. Off-page untuk meraih kepercayaan

Optimisasi off-page berbeda dengan on-page yang ruang lingkup kerjanya berhubungan langsung dengan website. Fokus off-page adalah untuk mendapatkan otoritas dan popularitas dengan mencari backlink yang berkualitas sebanyak-banyaknya, namun harus dilakukan dengan cara yang benar dan tidak dengan cara spamming. Biasanya melakukan off-page optimization membutuhkan effort lebih besar dan membutuhkan waktu yang tidak terbatas. Oleh karena itu, off-page optimization membutuhkan plan yang panjang, diantaranya adalah resources, anchor text dsb.

Untuk mendapatkan hasil optimisasi yang memuaskan, baik on-page maupun off-page harus dilakukan dengan maksimal. Jika ada pertanyaan manakah yang lebih penting? Jawabannya adalah keduanya penting karena pada dasarnya on-page dan off-page adalah satu kesatuan untuk mendapatkan hasil SEO yang maksimal.

Baca hal apa saja yang perlu dilakukan untuk melakukan optimisasi on-page dan off-page.

*Jika Anda hendak mempublikasi ulang artikel ini, mohon cantumkan sumbernya.

Ingin mengatakan sesuatu?