Off-Page SEO: Link Building atau Link Marketing

Setelah melakukan optimisasi On-page, sekarang kita menuju ke bagian Off-page yaitu melakukan link-building atau dalam tulisan ini saya akan lebih suka menyebutnya link-marketing. Link marketing ini adalah bagian terpenting dari SEO untuk menaikkan popularitas suatu website, namun harus diingat bahwa semua ada aturannya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan link marketing ini, diantarnya:

Link building atau link marketing

  1. Jangan terburu-buru. Link marketing harus dilakukan secara perlahan namun berkesinambungan.
  2. Anchor text. Jangan menggunakan satu macam anchor text. Buatlah berbagai macam variasi yang masih berhubungan dan relevan dengan landing page Anda. Sesekali gunakan juga anchor text yang non-sense, seperti; sumber, klik disini dsb.
  3. Landing page. Susunlah target landing page yang akan disebarkan linknya. Buat prioritasnya juga, misalnya homepage mendapat jatah link paling banyak dilanjutkan dengan category, sub-category dst.
  4. Sumber link. Jangan membuat link hanya pada satu sumber saja. Carilah sumber sebanyak-banyaknya seperti forum, blog dsb.
  5. Follow dan no-follow. Jangan hanya fokus pada sumber yang follow saja, agar tetap terlihat natural manfaatkan juga sumber-sumber yang no-follow.
  6. Relevansi sumber. Buatlah link dengan berfokus pada website yang masih ada relevansi dengan website atau halaman website Anda.

Sumber Link
Salah satu hal yang menjadi tantangan saat Anda melakukan SEO adalah mencari sumber link. Hal ini sangat susah dilakukan, tapi Anda tetap harus melakukannya. Anda harus menemukan sumber yang berhubungan atau relevan dengan halaman dimana Anda akan menempatkan link tersebut. Untuk menemukan sumber link yang tepat, Anda bisa menggunakan mensin pencari seperti Google, namun dengan cara tertentu yang lebih spesifik. Salah satunya dengan memanfaatkan Google operator.

Dengan bantuan Google operator ini Anda akan lebih mudah menemukan sumber yang Anda cari. Beberapa sumber yang bisa Anda manfaatkan untuk link marketing adalah:

  1. Forum. Forum adalah tempat paling mudah untuk melakukan link marketing. Namun ingat, jangan pernah menjadi spammer dalam forum. Tetap buat konten yang bermutu dan bubuhkan link Anda disana.
  2. Blog. Anda bisa membuat satu atau beberapa blog untuk menunjang aktifitas link marketing ini. Blog juga bermanfaat saat Anda hendak membuat artikel namun tidak ada tempat pada website utama Anda.
  3. Blog comment. Memberikan komentar pada blog orang adalah hal yang menyenangkan, oleh karena itu buatlah komentar yang spesifik terhadap artikel yang Anda komen tersebut. Dengan komen yang bermutu, pasti web admin akan menerima komen Anda. Jangan lupa bubuhkan link Anda disana.
  4. Directory. Daftarkan blog atau website Anda pada directory yang terkenal seperti Dmoz dan lain-lain. Detil pembahasan mengenai directory dan sumber-sumber yang lain akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Itulah beberapa hal dasar mengenai link building atau link marketing. Yang harus selalu Anda ingat adalah, meskipun link marketing ini bersifat artificial (buatan) namun Anda harus membuatnya menjadi senatural mungkin. Jika tidak, algoritma Google yang bernama Penguin siap menanti Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ingin mengatakan sesuatu?