Membuat Title Tag dan Meta Description Yang Baik

Title tag dan meta description

Masih tentang SEO (On-page), kali ini saya hendak membahas mengenai bagaimana membuat title tag dan meta description yang bagus untuk proses SEO. Untuk membuat judul dan deskripsi yang baik setidaknya Anda harus sudah punya gambaran isi suatu halaman website, sudah memiliki satu atau beberapa keyword yang dinilai relevan dengan halaman website tersebut. Mengapa? Jawabnya adalah karena ini berhubungan dengan audience yang Anda targetkan. Suatu kesalahan besar jika urusan title diserahkan kepada tim IT atau developer. Praktisi SEO sebagai bagian dari Online Marketing lah yang bertanggung jawab untuk menyiapkan itu semua karena mereka yang lebih tahu audience yang menjadi terget.

Title tag dan meta description sangat membantu search engine dalam mengidentifikasi suatu halaman pada website. Oleh karena itu buatlah title dan deskripsi website Anda dengan singkat, padat, dan jelas yang mampu mewakili seluruh konten dalam suatu halaman website. Title suatu website bisa langsung dilihat pada bagian Tab browser, sedangkan untuk meta description, hanya bisa dilihat dari page source atau dengan menggunakan tool/plugin dari browser (contoh: SiteMetric).

<title>Judul website Anda</title>

<meta content=”Ini adalah deskripsi website Anda” name=”description”>

Title dan meta description pada setiap halaman website Anda adalah penting, baik dari sudut pandang orang maupun mesin pencari. Oleh karena itu, buatlah agar bagus untuk mesin pencari dan tetap enak dibaca oleh manusia. Title dan meta description adalah salah satu pintu masuk ke website Anda. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Tulis untuk pembaca

Saat seseorang mencari sesuatu melalui search engine (Google, Yahoo, Bing, Yandex dll), yang pertama mereka baca adalah title yang kemudian dilengkapi dengan penjelasan singkat dari meta description. Anda yang memegang kontrol untuk hal ini, oleh karena itu pastikan judul dan deskripsi relevan dengan website Anda. Semakin bagus dan relevan title dan description yang Anda buat maka semakin besar pula potensi kliknya (click through rate).

2. Integrasikan keyword

Yang dimaksud dengan mengintegrasikan keyword ke dalam title dan description adalah memasukan keyword yang Anda bidik menjadi bagian dari title dan description. Menurut beberapa praktisi SEO, alangkah baiknya jika keyword ditempatkan pada awal Title, tapi ini tidak mutlak harus dilakukan. Ada yang perlu Anda perhatikan, jangan pernah melakukan pengulangan keyword yang berlebihan (stuffing) pada Title dan Description Anda.

3. Jumlah karakter

Para praktisi SEO biasanya membatasi jumlah karakter pada title website mereka. Ini merupakan suatu tantangan, bagaimana caranya memberikan informasi sejelas-jelasnya namun dengan jumlah karakter yang terbatas. Jumlah karakter Title biasanya berkisar 60 karakter, sementara untuk description sekitar 155 karakter. Hal ini dilakukan karena search engine (Google) hanya menampilkan (snippet) sekitar 60 karater untuk Title dan 155 untuk description.

Itulah beberapa poin pokok yang perlu Anda perhatikan saat membuat Title dan description suatu website. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam melakukan On-page optimization. Jika Anda hendak mempublikasi ulang artikel ini, mohon cantumkan sumbernya.

Showing comments

agus says :
Januari 22, 2013

makasih gan ilmunya sip bgt
Agus
http://www.gudangkomputer.web.id

smart desainer says :
Februari 5, 2013

Wah ilmunya berguna bgt nih …

http://www.smartdesainer.com

Ingin mengatakan sesuatu?