Membuat Konten Website Yang Bagus

Istilah “konten adalah raja” (content is king) sudah sangat familiar di kalangan praktisi SEO. Tanpa konten yang bagus rasanya akan sangat sulit mendapat rangking dalam SERP dan mendapatkan pengunjung ke website Anda. Jika konten Anda tidak mampu memberikan value atau memberikan rangsangan terhadap pengunjung,  maka Anda juga akan semakin jauh dari potensi penjualan. Oleh karena itu, buatlah website Anda penuh dengan konten yang menarik dan mampu memberikan sesuatu terhadap pengunjung.

Konten adalah Raja - Content is King

Sangatlah sulit untuk membuat prediksi bagaimana orang mencari suatu konten, lebih tepatnya keyword apa yang mereka gunakan untuk mencari konten tersebut. Salah satu jalan adalah dengan membuat variasi konten sebanyak mungkin. Semakin banyak konten dan halaman yang Anda buat, semakin besar pula kesempatan website Anda mendapat ranking pada SERP dan membuatnya semakin mudah untuk ditemukan. Hal ini bisa dianalogikan dengan undian. Semakin banyak Anda memiliki tiket atau poin undian, maka semakin besar pula kesempatan Anda menang. Bayangkan bahwa setiap halaman website Anda adalah tiket undian, semakin banyak halaman website Anda, semakin banyak pula kesempatan mendapat rangking pada search engine.

Kita semua tahu bahwa search engine selalu melakukan pembaruan algoritmanya, dan membuatnya semakin pintar. Jika Anda membuat beberapa halaman website berisik topik yang sama, artinya Anda hanya buang-buang waktu saja. Mesin pencari akan tahu bahwa halaman-halaman website Anda hanya berisi satu topik saja. Oleh karena itu Anda harus membuat banyak konten dengan berbagai macam topik. Ada beberapa cara dalam membagi penempatan konten sehingga terhindar dari pengulangan topik, adalah:

  • Homepage: Gunakan homepage untuk menampung semua ide pokok atau ide utama yang bersifat umum. Jika Anda hendak menempatkan keyword umum (generic), maka homepage adalah halaman yang paling tepat.
  • Product/Service Pages: Jika Anda hendak menawarkan suatu produk atau layanan, buatlah halaman khusus dan unik untuk masing-masing produk atau layanan yang Anda tawarkan.
  • Resource Center: Siapkan halaman khusus untuk menempatkan informasi tambahan yang meliputi petunjuk dan tip-tip yang berguna.
  • Blogging: Blog merupakan tempat yang paling bagus untuk menempatkan puluhan bahkan ratusan konten. Blogging secara normal (sekali dalam seminggu) mampu memberi dampak yang kuat terhadap SEO, karena setiap blog post merupakan halaman baru yang unik. Search engine menyukai website yang kaya konten dan juga unik.

Sementara melakukan penelitian SEO, Anda bisa mencari artikel yang membahas keyword density atau kepadatan kata kunci (seberapa sering Anda menyebutkan kata kunci dalam halaman website). Meskipun pendekatan teknis seperti ini nampak bagus, namun sebenarnya itu tidak dianjurkan.

Ingat: jangan menulis konten untuk mesin pencari, tulislah konten untuk audiens Anda (manusia) maka mesin pencari akan mengikuti Anda. Pastikan halaman website memiliki tujuan masing-masing yang jelas dan tetap fokus pada satu topik tiap halaman, Anda akan lihat sendiri hasilnya nanti. Jika Anda hendak mempublikasi ulang artikel ini, mohon cantumkan sumbernya.

Ingin mengatakan sesuatu?