Memanfaatkan Forum Untuk Link Building atau Link Marketing

Salah satu media yang bisa kita manfaakan untuk melakukan link marketing atau link building adalah forum. Forum memiliki daya tarik tersendiri, karena siapapun bisa mendaftarkan diri dan menulis sesuatu disana. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat link marketing pada forum:

forum backlink

  1. Pilih forum yang paling sesuai dengan niche yang Anda bidik. Jika halaman utama tidak sesuai, coba cari pada bagian sub-kategori, mungkin saja ada yang paling relevan dengan web Anda. Hindari kategori atau subcategory yang terlalu banyak spam.
  2. Buatlah artikel maupun komentar yang bermanfaat. Jangan membuat artikel atau komentar yang mengandung unsur spam, seperti; nice share, thanks, mantap dll.
  3. Batasi jumlah backlink dari satu forum, misalnya hanya 3-5 link saja. Untuk melakukan ini, sebaiknya tidak membubuhkan link Anda pada signature akun Anda. Buatlah link hanya pada artikel atau komentar.
  4. Penting, lakukan pelan-pelan. Bersosialisasi dulu sesama user dengan membuat komentar ke beberapa artikel yang ada. Jika sempat, bacalah aturan masing-masing forum karena setiap forum memiliki peraturan yang berbeda.
  5. Carilah forum dengan top level domain yang bervariasi. Jika memungkinkan cobalah untuk melakukan link marketing pada website pendidikan atau akademik (.ac.id, .edu).
  6. Pastikan forum target Anda tidak bermasalah dengan search engine (Google). Cobalah cek status “indexed” nya (site:yourforumdomain.com). Jangan membuat backlink pada forum yang tidak terindex (banned).
  7. Follow dan no-follow. Tetap fokus pada forum yang follow, tapi sesekali buatlah backlink pada forum yang nofollow. Akan terlihat tidak natural jika Anda hanya menggunakan forum follow saja.

Berikut adalah daftar forum Indonesia yang bisa Anda manfaatkan untuk link marketing:
• kaskus.co.id
• forum.detik.com
• forum.viva.co.id
• forum.kompas.com
• forum.tempo.co
• indoforum.org
• forum.tribunnews.com
• ceriwis.web.id
• forum.vibisportal.com

Masih banyak forum-forum yang bisa Anda masukkan ke daftar forum Anda. Pada artikel saya sebelumnya yang berjudu Link Building atau Link Marketing, Anda bisa memanfaatkan Google operator untuk mempermudah menemukan forum yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Ingin mengatakan sesuatu?