Memanfaatkan Blog untuk Public Relation

Perkembangan dunia online kini semakin marak, tidak hanya di Indonesia namun hampir di seluruh dunia. Bahkan tidak sedikit para pelaku bisnis skala besar juga memanfaatkan online untuk mengembangkan bisnis mereka. Selain melakukan public relation pada offline, mereka juga melakukannya pada online dengan salah satu media yaitu BLOG.

blog public relation

Blog sangat cocok dijadikan media public relation, lalu apa kelebihan memanfaatkan blog sebagai media PR dibanding dengan media yang lainnya?

Mudah dan murah
Jika dibandingkan dengan Press Release di media elektronik, penyampaian informasi seputar perusahaan melalui blog relatif lebih murah, bahkan gratis. Selain lebih hemat, mengelola blog juga relatif mudah.

Ada banyak sekali platform blog yang gratis yang bisa kita manfaatkan, misalnya WordPress dan Blogger. Untuk corporate saya lebih menyarankan menggunakan WordPress, dimana setup-nya pun tergolong sangat mudah dan cepat. Karena alasan mudah tadilah banyak perusahaan kecil dan menengah yang memanfaatkan blog untuk tujuan Public Relation.

Peluang Traffic dari Search Engine
Dengan blog kita bisa memposting apapun dan tidak terbatas (selama masih relevan dengan perusahaan Anda). Search engine sangat menyukai website atau blog yang kaya konten. Jadi, semakin blog Anda kaya dengan konten, kesempatan untuk muncul dan mendapatkan pengunjung dari search engine semakin besar (jika blog Anda teroptimisasi dengan baik – baca: SEO).

Hasilnya, ketika ada calon customer potensial yang mencari informasi seputar produk dan informasi perusahaan Anda, mereka akan dapat dengan segera menemukannya di halaman depan hasil pencarian search engine (SERP). Yang tidak kalah penting adalah memastikan mereka mendapatkan informasi seputar perusahaan Anda langsung dari blog Anda, bukan dari sumber lain.

Memudahkan Perusahaan untuk Berinteraksi
Dengan blog, siapapun dapat langsung memberikan feedback berupa komentar ataupun pertanyaan seputar topik yang Anda sampaikan. Hal ini mampu menumbuhkan interaksi langsung antara perusahaan Anda dengan calon pembeli, dan tentunya interaksi tidak hanya dibatasi kepada pihak tertentu saja.

Berbeda dengan jika Anda mengadakan press release dan mengundang beberapa wartawan media cetak ataupun televisi untuk keperluan Public Relation, biasanya interaksi atau feedback yang muncul akan sangat terbatas, dengan kata lain biasanya feedback hanya datang dari pihak wartawan saja. Rasanya akan sulit bagi customer Anda untuk bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan Anda.

Selain beberapa point diatas, tentu saja masih ada banyak manfaat lain menggunakan blog untuk kebutuhan Public Relation. Pemanfaatan media online sebagai media yang membantu berbagai aktifitas perusahaan Anda mulai dari marketing hingga Public Relation merupakan poin penting yang harus Anda lakukan jika Anda tidak ingin ketinggalan oleh pera kompetitor Anda.

Sudahkah Anda memanfaatkan blog untuk aktifitas online perusahaan Anda? Semoga ulasan mengenai manfaat blog untuk public relation diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Silahkan tambahkan poin lainnya dalam kolom komentar, dan jika Anda hendak mempublikasi ulang artikel ini, mohon mencantumkan sumbernya.

Ingin mengatakan sesuatu?