Memaksimalkan SEO ecommerce

SEO hadir dalam ecommerce sebagai salah satu channel yang paling diminati dan dipercaya oleh audience. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul SEO dan ecommerce. Beberapa poin di bawah ini melengkapi poin-poin pada artikel sebelumnya meski beberapa diantaranya tidak bersentuhan langsung dengan SEO, namun masih berhubungan. Berikut adalah lanjutannya:

Seo dan ecommerce

6. User experience

Hal ini juga merupakan yang sering dilupakan. Design bagus dan menawan tidak menjadi jaminan user Anda menyukainya, bisa jadi itu selera Anda sebagai pemilik toko. User menuntut kemudahan dan Anda harus memberikan itu. Salah satu platform lokal yang menawarkan kemudahan namun masih dikemas ke dalam design yang elegan adalah PIXTEM – Easy.Instant.Website. Konsep keindahan dan kemudahan dikemas menjadi satu untuk memberikan pengalaman berbelanja menjadi sederhana namun mengesankan.

7. Call to action

Salah satu hal yang wajib hadir dalam sebuah e-commerce adalah call to action. Setelah Anda mentuguhkan rangsangan terhadap calon pembeli, Anda harus melanjutkannya dengan call to action. Apa yang harus dilakukan oleh user selanjutnya harus jelas.

8. M-commerce

Seiring dengan kenaikan jumlah pengguna mobile, apa salahnya Anda juga memberikan pelayanan yang berbasis mobile baik mobile web maupun mobile apps. Tidak sedikit nantinya user yang datang dari mobile ini, dengan potensi pembelian yang tak terduga.

9. Product review

Sebagian calon pembeli akan membaca review yang ada pada produk. Jika Anda tidak mencantumkan review, maka Anda akan kehilangan kesempatan itu. Selain itu, konten dalam review juga sangat membantu dalam SEO, karena hampir semua review yang ditulis audience atau “Anda sendiri” adalah konten yang unik yang semakin melengkapi halaman website Anda.

Selain itu, review membuat website Anda semakin hidup dengan berkembangnya konten itu sendiri, hal ini membuat search engine semakin sering mengunjungi website Anda.

10. Deskripsi dari produsen

Hindari untuk menggunakan deskripsi dari manufacturer karena akan banyak website lain yang juga menggunakannya. Anda akan terlihat jelek di mata search engine karena akan dianggap melakukan duplikat konten. Buatlah deskripsi produk yang unik dan berbeda dengan website lain yang menjual produk yang sama dengan Anda.

11. Duplikat konten

Hindari adanya duplikat konten, karena hal ini tidak disukai oleh search engine. Beberapa halaman yang bisa membawa potensi duplikat seperti; archive dan tag. Halaman-halaman yang berpotensi membuat duplikat seharusnya tidak terindex oleh search engine. Anda bisa melakukan block dengan menggunakan robots.txt.

Itulah sebelas poin yang bisa Anda jadikan acuan untuk memulai dan memaksimalkan SEO pada ecommerce Anda. Jika Anda merasa perlu ada yang ditambahkan, silahkan tambahkan di kolom komentar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih sudah berkunjung.

Ingin mengatakan sesuatu?