Backlink Turun Pada Google Webmaster Tool

Beberapa hari yang lalu Google menurunkan jumlah backlink yang biasa kita lihat pada report Google Webmaster Tool. Persentase turunnya backlink yang cukup signifakan ini membuat bingung para pengguna webmaster tool. Beberapa website juga dilaporkan mengalami penurunan hingga sekitar 70%.

Google webmaster tool

Sepertinya hal ini terjadi karena Google menghilangkan atau tidak mencantumkan backlink ke Homepage. Kecenderungannya, homepage suatu website mendapat backlink terbanyak. Dengan dihilangkannya report backlink ke homepage maka perubahan ini akan terasa signifikan.

Jika Anda masuk ke Google Webmaster Tool lalu ke “Traffic” kemudian ke “Links to Your Site” dan coba Anda buka “Your most linked content” Anda tidak menemukan homepage website Anda tertera disana. Google menghilangkannya dari daftar, mengapa?

John Muller, salah seorang dari tim Google memberikan penjelasan singkat (selengkapnya bisa dilihat disini) seperti berikut:

Thanks for the report, Anne (and thanks for escalating, Stevie!). This looks like an issue with how the data is displayed in Webmaster Tools, it shouldn’t affect your site’s crawling, indexing or ranking. I don’t have any specifics at the moment, but the team is looking into the details to see what we can do here. Thanks for your patience & sorry for the confusion!

Anda tidak perlu khawatir, ini masalah report – bukan masalah algoritma. Kita tunggu saja kabar selanjutnya mengapa backlink turun pada Google Webmaster Tool.

Update:

Hari ini (14 Feb 2013) jumlah Backlink yang tertera pada Google Webmaster Tool sudah kembali normal seperti sebelumnya.

Ingin mengatakan sesuatu?