Algoritma Google: EMD (Exact Match Domain)

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Google terus mengembangkan algoritma pencariannya. Tidak lama setelah algoritma Panda dan Penguin yang cukup membuat gelisah para praktisi SEO, kini muncul algoritma Google yang disebut EMD (Exact Match Domain). Algoritma ini dikembangkan dalam rangka mengurangi domain dengan kualitas rendah yang bersifat spam.

google-emd

Apa yang dimaksud dengan Exact Match Domain? Sebelumnya para praktisi SEO sering melakukan registrasi kata atau frase yang sama persis dengan keyword yang mereka bidik untuk dijadikan domain. Tujuanya adalah untuk mendapatkan peringkat pertama dalam pencarian. Contohnya, orang membidik keyword “kopi nusantara” kemudian mereka melakukan registrasi domain dengan nama www.kopinusantara.com.

Exact match domain memang seringkali menempati rangking yang baik dalam pencarian, namun tidak sedikit juga yang bersifat spam. Dengan algoritma EMD ini, Google berupaya membersihkan semua website EMD yang berkualitas rendah sehingga hasil pencarian pun lebih relevan.
Bagaimana caranya kita bisa selamat dari algoritma EMD ini? Berikut tips-nya?

Langkah pertama: Buang atau ubah semua konten dalam website EMD Anda yang berpotensi sebagai low quality content; iklan, artikel copy-paste dll. Tanya pada diri sendiri, konten manakah yang Anda buat untuk search engine dan manakan yang Anda buat untuk pembaca? Dalam hal ini Anda harus jujur.

Langkah kedua: Coba lakukan analisa dan audit semua inbound link untuk mengidentifikasi inbound link mana yang bersifat spam guna menghindari berkurangnya trust dari search engine. Hapuslah link-link tersebut.

Langkah ketiga: Jika belum ada, tambahkan tombol share ke social media pada setiap konten yang ada.

Langkah keempat: Tambahkan konten yang unik pada website Anda secara berkala dan rutin. Semakin sering dan banyak semakin bagus, namun saya sarankan sehari sekali saja. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan itu, cobalah gunakan jasa penulis profesional yang ada di sekitar Anda.

Langkah kelima: Cobalah gunakan dan maksimalkan campaign pada social media untuk mendapatkan pengakuan dan popularitas di social media.

Untuk saat ini, dari pada Anda pusing mencari domain yang sesuai dengan keyword yang Anda bidik, alangkah baiknya Anda mencari nama yang mudah diingat untuk Anda kembangkan menjadi brand Anda. Ini pendapat dari penulis saja: cobalah lihat website-website besar yang ada; Google, Yahoo, Facebook, Twitter, Amazon, Kaskus dll bisa dibilang tidak ada satu pun yang menggunakan “keyword” untuk domain mereka. Namun, kalau ditelaah lebih dalam lagi, akan ditemukan adanya keterkaitan domain dengan isi websitenya.

Ingin mengatakan sesuatu?