5 Tips Melakukan Link building Pada Forum

Forum adalah salah satu media sosial yang semakin berkembang. Meskipun ada beberapa yang tumbang, namun baik forum yang bersifat general maupun forum komunitas jumlahnya semakin bertambah. Di Indonesia sendiri sudah ada ratusan forum dengan pengunjung yang sangat aktif. Anda bisa memanfaatkan forum untuk melakukan link building (dengan baik dan benar). Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk melakukan hal itu:

link building forum

1. Relevansi. Pastikan forum atau sub-forum dimana Anda melakukan link building relevan dengan konten yang ada pada website Anda. Jangan sekali-kali membuat link pada subforum yang berisi tentang komputer, sementara konten yang ada pada website Anda berisi tentang tanaman dan pupuk.

2. Sosialisasi. Sebelum Anda membubuhkan link website Anda pada artikel maupun komentar, sebaiknya Anda melakukan sosialisasi dulu dengan anggota lain dan juga admin. Buatlah beberapa posting atau komentar yang bersifat netral selama beberapa hari berturut-turut. Beberapa forum menerapkan minimal komentar untuk syarat pembuatan new thread. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar banned oleh admin karena dianggap spammer. Jadilah pengunjung forum yang baik meski ada tujuan tertentu.

3. Hindari. Anda harus menghindari forum atau sub-forum yang terlalu banyak spammer. Para spammer ini biasanya menawarkan iklan-iklan tidak jelas seperti obat perkasa, pelangsing tubuh dsb. Hindari, jika Anda tidak ingin berada diantara link-link spammer tersebut. Google memberikan sangsi yang serius pada para spammer ini, resikonya tidak tanggung yaitu dihapus dari index Google. Anda tentu tidak ingin.

4. Jadwal. Buatlah jadwal untuk melakukan link building sebaik mungkin. Tujuannya adalah agar Anda bisa melakukannya secara berkala dan berkesinambungan. Misalkan Anda menargetkan memiliki 35 backlink dari forum dalam seminggu, bagilah jumlah itu secara merata setiap harinya. Jangan pernah mengerjakan target backlink mingguan Anda dalam sehari, hal ini berbahaya. Seperti saya sebutkan diatas; lakukan secara perlahan, terstruktur, dan berkesinambungan.

5. Follow/Nofollow. Jika saat ini Anda berpikir untuk mencari forum yang hanya berstatus “follow” saja, Anda harus berpikir ulang. Menurut saya, perlu juga kita memanfaatkan forum yang “nofollow” hal ini bertujuan agar proses link building terlihat natural dan tidak terkesan pilih-pilih. Lagipula tidak ada ruginya misalkan memanfaatkan 3 nofollow dalam 10 follow link.

Itulah beberapa tips melakukan link building pada forum. Jika Anda hendak menambahkan, silahkan pada komentar. Jika Anda hendak mempublikasi ulang artikel ini, mohon cantumkan sumbernya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Ingin mengatakan sesuatu?