5 Tips Dalam Membuat Halaman Produk pada E-commerce

Website E-commerce idealnya memiliki susunan halaman (selain customer, billing, informasi dsb) seperti berikut: homepage, category page, dan product page. Untuk mendapatkan traffic organik yang baik, Anda harus menerapkan SEO ke dalam masing-masing halaman tersebut. Kali ini saya akan membahas beberapa tips bagaimana membuat halaman produk (product page) yang baik dan yang secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap SEO. Berikut adalah 5 hal yang harus hadir dalam halaman produk e-commerce Anda:

halaman produk

1. Gambar/image. Jika Anda menjual produk elektronik, fashion, otomotif dsb, Anda harus menggunakan gambar/image dengan kualitas bagus. Jika perlu, gunakan beberapa gambar dengan sudut yang berbeda. Calon customer cenderung ingin tahu lebih mengenai produk tersebut dari gambar-gambarnya. Berdeda jika Anda menjual kebutuhan sehari-hari seperti minyak sayur, snack, detergen dsb. Calon customer cenderung sudah tahu dengan bentuk dan rupa dari produk sehari-hari tersebut. Jadi, Anda cukup menggunakan satu gambar saja.

2. Tombol plus/minus. Untuk produk kebutuhan sehari-hari, akan sangat membantu jika menggunakan tombol plus minus. Orang yang belanja produk sehari-hari cenderung membeli lebih dari satu bahkan puluhan untuk produk tertentu, misalnya snack. Berbeda dengan produk elektronik dan fashion, customer hanya akan membeli satu buah saja per produknya. Jadi, tombol plus/minus akan lebih efektif jika ditempatkan pada ecommerce yang menjual daily goods dari pada produk besar seperti elektronik, fashion, otomotif dsb.

3. Deskripsi atau keterangan produk. Jika Anda menjual produk elektronik dan fashion, deskripsi detil untuk masing-masing produk sangat diperlukan. Customer akan mencari tahu terlebih dahulu mengenai spesifikasi (elektronik), ukuran, dan bahan (fashion). Untuk daily good, deskripsi juga diperlukan, namun tidak sebanyak pada elektronik dan fashion. Pastikan Anda membuat deskripsi yang unik untuk setiap halaman produk yang ada.

4. Halaman / tab Review. Memberi kesempatan kepada pengunjung untuk memberikan review terhadap produk Anda adalah langkah yang baik. Selain bisa menambah kepercayaan customer lain, konten pada halaman Anda juga terupdate. Pastikan semua review harus melalui proses moderasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Share button. Seiring dengan berkembangnya minat masyarakat terhadap social media seperti facebook dan twitter, maka menempatkan tombol share pada halaman produk yang Anda jual adalah langkah yang sangat baik. Meskipun begitu, kita jangan terlalu berharap setiap pengunjung akan membagikan konten produk Anda ke teman-temannya di social media.

Sebenarnya masih banyak hal berguna yang bisa ditambahkan ke product page, namun akan saya share pada artikel-artikel berikutnya. Jika Anda berminat menambahkan pada beberapa hal seperti yang disebutkan diatas, silahkan tambahkan pada bagian komentar. Semoga artikel “5 Tips dalam Membuat Halaman Produk pada E-commerce” ini bisa bermanfaat bagi Anda, baik yang sudah berjalan maupun yang masih StartUp company.

Ingin mengatakan sesuatu?