5 Poin Penting SEO Untuk perusahaan StartUp

Ketika Anda baru saja membuka sebuah baru baik itu perusahaan offline yang memiliki media publikasi online maupun perusahaan online seperti E-commerce, saat itulah Anda harus berkenalan dengan salah satu channel marketing yang disebut SEO. Untuk beberapa orang istilah ini sudah sangat populer, namun banyak juga orang yang tidak mengetahuinya. Secara garis besar SEO adalah sebuah upaya untuk menempatkan website kita dalam posisi terbaik pada hasil pencarian dengan kata kunci tertentu.

seo untuk startup

Dengan memproduksi konten-konten bagus saja tidak menjamin bahwa Anda akan berhasil dalam SEO. Namun, konten bagus menjadi bagian terpenting dalam pengerjaannya. Berikut adalah beberapa poin penting dalam SEO terutama untuk perusahaan startup. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga harus mengembangkan dan mencari kemungkinan lain selama itu tidak bertentangan dengan salah satu algoritma mesin pencari.

Poin 1: Pastikan website Anda bisa terindex oleh mesin pencari
Hal ini sangat penting, karena semuanya berawal dari sini. Anda harus paham bahwa search engine memiliki sebuah program yang populer dengan nama “bot” atau “spider” yang terus bergerak mengikuti baik internal link maupun eksternal link untuk mengumpulkan data-data website yang ada. Karena bot atau spider ini bergerak otomatis, maka tugas Anda adalah memberi jalan agar halaman-halaman website Anda bisa diakses oleh bot ini. Jika si spider tidak bisa mengakses halaman website Anda maka jangan berharap website Anda akan terindex olehnya.

Salah satu cara untuk mengetahui bagian website Anda yang bermasalah adalah dengan menggunakan fasilitas Google Webmaster Tool. Setelah mendaftar dan melakukan setup Anda akan mendapatkan banyak informasi, salah satunya adalah yang menyatakan “Crawl Errors”.

Poin 2: Fokus pada keyword Brand dan non-Brand
Salah satu pekerjaan yang berat dalam SEO adalah melakukan identifikasi terhadap keyword. Bagaimana menemukan keyword yang paling relevan dengan website kita, sehingga webiste kita muncul dengan posisi yang bagus berdasar query tersebut.

Sebagai perusahaan startup alangkah baiknya Anda memisahkan keyword kedalam dua kelompok besar yaitu: keyword Brand dan Non-brand, berikut penjelasannya:

Keyword Brand adalah kata atau frase yang menjadi judul atau nama seputar perusahaan Anda. Sebagai perusahaan startup mungkin tidak akan banyak orang yang mencari dengan query brand tersebut, namun jika Anda mengoptimisasi keyword brand tersebut, maka Anda akan mendapatkan kunjungan gratis seiring dengan makin berkembangnya popularitas perusahaan Anda tersebut.

Keyword non-Brand adalah kata atau frase yang lebih umum, seperti “sepatu online” atau “hadiah ulang tahun”. Dengan mendapatkan posisi bagus pada keyword non-brand ini Anda akan mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu orang akan tahu produk yang mereka cari ada di tempat Anda, sekaligus mereka juga tahu brand atau nama perusahaan Anda.

Lanjutkan ke poin 3 – 5 >>

Ingin mengatakan sesuatu?