5 Poin Penting SEO Untuk perusahaan StartUp (2)

Artikel ini merupakan sambungan dari artikel pertama yang berjudul 5 Poin Penting SEO Untuk perusahaan StartUp.

startup seo pixaal

Poin 3: Pilih keyword berdasarkan tujuan pencarian dan metris yang lain
Untuk memaksimalkan pencarian keyword yang tepat untuk bisnis Anda agar sesuai dengan target market, Anda bisa menggunakan beberapa poin berikut:

Search volume: Sebuah layanan yang salahsatunya diberikan oleh Google, yaitu Google Keyword Tool bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui seberapa banyak suatu keyword dicari dalam sebulan. Semakin besar angkanya, maka semakin besar pula kemungkinan kunjungan yang akan didapat.

Competition: Tool diatas juga memberikan seberapa banyak kompetitor Anda yang membidik keyword tersebut. Biasanya, semakin tinggi search volume, maka semakin tinggi pula kompetisinya. Untuk perusahaan startup sebaiknya hindari memilih keyword dengan kompetisi yang tinggi. Tetap fokus pada keyword yang sekiranya lebih mudah untuk diraih.

Search intent: Setelah mendapatkan beberapa keyword yang Anda anggap layak untuk website Anda, selanjutnya cobalah untuk melakukan filter ulang berdasarkan tujuan orang mencari dengan keyword-keyword tersebut. Contoh; Jika Anda penjual sepatu, keyword “model sepatu” rasanya kurang sesuai dengan tujuan bisnis Anda karena kemungkinan besar orang yang mencari “model sepatu” adalah orang yang tidak memiliki tujuan membeli sepatu.

Setelah melakukan filter, setidaknya Anda sudah memiliki 10 keyword yang siap Anda gunakan. Anda bisa mendapatkan peringkat yang baik dengan keyword-keyword tersebut, selama semuanya dilakukan dengan baik dan benar, baik onpage maupun offpage.

Poin 4: Lakukan link building
Salah satu prioritas yang harus dilakukan sebagai perusahaan startup adalah melakukan link building atau link marketing. Baik jumlah maupun kualitas dari backlink sama-sama mengambil peranan penting yang menentukan berhasil atau tidaknya SEO Anda.

Beberapa cara mudah untuk mendapatkan backlink adalah sebagai berikut:
• Aktif memberikan komentar pada blog dan membubuhkan URL website Anda
• Aktif pada forum dan sesekali mempromosikan website Anda dengan link
• Cobalah kontak beberapa blogger untuk menulis tentang perusahaan Anda dan tidak lupa mintalah backlink ke mereka.
• Aktif pada social media seperti Facebook dan Twitter. Carilah follower sebanyaknya.
• Masukan website Anda ke online business directory, terutama di wilayah tersebut.
Catatan: Carilah sumber backlink yang relevan dengan bisnis Anda, dan jangan melakukan spamming.

Poin 5: Publikasikan konten yang menarik dan bermutu
Salah satu yang paling penting dalam praktik SEO adalah konten yang bagus. Ada beberapa keuntungan saat Anda membuat konten atau artikel yang bagus:

• Dengan konten yang bagus, kemungkinan Anda akan mendapatkan backlink gratis dari website yang relevan, yang mungkin mengutip artikel Anda tersebut.

• Semakin banyak konten yang Anda miliki, maka semakin banyak pula kemungkinan website Anda muncul dalam pencarian dengan keyword yang berbeda, bahkan yang tidak pernah terpikir oleh Anda sebelumnya.

• Dengan konten yang bermutu, kemungkinan orang akan merekomendasikan ke orang lain (misalnya melalu social media), terutama brand Anda.

• Konten yang bagus juga mampu membangun kepercayaan pengunjung dan meningkatkan profesionalisme perusahaan Anda. Berawal dari kepercayaan ini, maka calon pembeli tidak akan ragu untuk melakukan transaksi dengan Anda.

Itulah beberapa poin yang perlu Anda lakukan sebagai perusahaan startup. Proses SEO ini bisa Anda lakukan sendiri dan Anda juga bisa berkonsultasi dengan orang-orang disekitar Anda. Jika tidak, kami juga siap membantu Anda dengan senang hati: Say Hello to Pixaal!

Anda diperbolehkan mempublikasi ulang artikel ini, namun kami berharap Anda mau memcantumkan sumbernya.

Showing comments

cyber-malang says :
Maret 27, 2013

wah mantep gan ngerti ane skrg
mampir ksini gan cyber-malang</a.

Ingin mengatakan sesuatu?